dc.description.abstract |
Sekolah adiwiyata adalah sekolah yang berhasil melaksanakan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah (KLHK, 2019). Tujuan sekolah adiwiyata dapat dicapai dalam tiga kriteria yang menjadi satu kesatuan khusus agar mencapai sekolah adiwiyata, yaitu perencanaan Gerakan PBLHS (Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah), pelaksanaan Gerakan PBLHS, dan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan Gerakan PBLHS (KLHK, 2019). Salah satu upaya dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap lingkungan adalah dengan ekoliterasi. Beberapa program sekolah adiwiyata yang dijalankan secara partisipatif dan berkelanjutan dapat mendukung pengetahuan dan pembiasaan peserta didik terhadap pelaksanaan program sekolah adiwiyata dan ekoliterasi siswa yang meliputi, aspek head (kognitif atau pengetahuan), heart (sikap), dan hands (keterampilan) (Maulana dkk., 2021; Rondli & Khoirinnida, 2017). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program sekolah adiwiyata terhadap ekoliterasi siswa MA Al-Istiqamah Banjarmasin. Metode penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif. Populasi berjumlah 161 peserta didik dan pengambilan sampel menggunakan teknik sampel total. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket program sekolah adiwiyata dan angket ekoliterasi siswa. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pengaruh antara program sekolah adiwiyata terhadap ekoliterasi siswa di MA Al-Istiqamah Banjarmasin dengan dilihat dari hasil korelasi dan hasil regresi linier sederhana. Hasil uji korelasi menunjukkan 0.792 dan hasil koefisien uji regresi linier sederhana didapatkan persentase sebesar 75,6%, sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh program sekolah adiwiyata terhadap ekoliterasi siswa masuk dalam kategori kuat.
Kata kunci: Sekolah adiwiyata, program sekolah adiwiyata, ekoliterasi |
|