Repo Mhs ULM

Penguatan Kewarganegaraan Ekologis pada Program Adiwiyata di SMPN 3 Banjarmasin

Show simple item record

dc.contributor.author Aisyah
dc.date.accessioned 2023-09-21T11:28:25Z
dc.date.available 2023-09-21T11:28:25Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/42515
dc.description.abstract Aisyah. 2023. Penguatan kewarganegaraan ekologis pada program Adiwiyata di SMPN 3 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Hj. Fatimah Kata Kunci: Kewarganegaraan Ekologis, Program Adiwiyata SMPN 3 Banjarmasin sudah menerapkan program adiwiyata dan telah melaksanakan sesuai dengan pedoman buku sekolah adiwiyata yang memiliki empat aspek yaitu aspek kebijakan berwawasan lingkungan, aspek kurikulum sekolah berbasis lingkungan, aspek kegiatan berbasis partisipatif, dan aspek pengelolaan saran pendukung ramah lingkungan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dipilih secara purposive sampling, dengan teknik pengumpulan data menggunakan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data diperoleh dianalisis dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan bahwa: 1) Kesadaran peserta didik tentang kewarganegaraan ekologis di SMPN 3 Banjarmasin sudah cukup baik yang mana peserta didik dan seluruh aparatur sekolah bersama-sama menjaga lingkungan dengan baik 2) Pelaksanaan program adiwiyata dalam penguatan kewarganegaraan ekologis di SMPN 3 Banjarmasin dilaksanakan sesuai dengan pedoman buku sekolah adiwiyata yang memiliki empat aspek, yang pertama ditandai dengan diubahnya visi dan misi sekolah agar memuat subtansi mengenai lingkungan, yang kedua mengintegritas materi terkait lingkungan ke dalam kurikulum sekolah, yang ketiga dengan memelihara tanaman, mengeadakan lomba kebersihan, dan mengadakan jumat bersih serta melakukan esktrakurikuler seperti pramuka, PMR dll. yang terakhir adanya penyediaan tempah sampah yang terpisah berdasarkan jenis sampah kemudian adanya keterlibatan siswa dalam kegiatan gontong royong bersama membersihakan lingkungan sebulan sekali. Berdasarkan hasil penelitian saran perlu lebih memberikan kesadaran kepada warga sekolah untuk menjaga lingkungan, karena masih ada warga sekolah yang membuang sampah sembarangan agar penanaman nilai karakter peduli lingkungan dapat teratasi sehingga lebih mudah menanamkan penguatan kewarganegaraan ekologis kepada warga sekolah, serta perlu ditingkatkan lagi penguatan kewarganegaraan ekologis pada program adiwiyata karena masih ada sebagian warga sekolah yang jarang melaksanakan kepedulian lingkungan. Maka lebih ditingkatkan lagi kegiatan-kegiatannya peduli lingkungan seperti jumat bersih bukan hanya sebulan sekali tetapi seminggu sekali.
dc.title Penguatan Kewarganegaraan Ekologis pada Program Adiwiyata di SMPN 3 Banjarmasin


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account