Repo Mhs ULM

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROTECTION LANDING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MUATAN IPA KELAS VA SDN 1 SUNGAI ULIN BANJARBARU

Show simple item record

dc.contributor.author Nadya Febrina
dc.date.accessioned 2023-09-21T11:29:22Z
dc.date.available 2023-09-21T11:29:22Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/42523
dc.description.abstract Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, keterampilan berpikir kreatif, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Hal tersebut disebabkan pembelajaran bersifat satu arah, jarang menggunakan model pembelajaran, pembelajaran monoton dan membosankan, serta kurang kegiatan yang memuntut keterampilan berpikir kreatif pada siswa. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model PROTECTION LANDING dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan menganalisis keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan. Subjek penelitian ini ialah seluruh siswa/i kelas V A SDN 1 Sungai Ulin Banjarbaru pada semester II tahun ajaran 2022/2023 berjumlah 25 orang siswa yang terdiri 14 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Data yang diambil merupakan data kualitatif yang diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan berpikir kreatif serta menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan dijabarkan dalam bentuk tabel, grafik serta interpretasi dengan persentase untuk melihat hasil yang lebih jelas. Hasil yang diperoleh setelah melakukan empat kali pertemuan penelitian menunjukkan bahwa pada aspek aktivitas guru di pertemuan 1 memperoleh skor 27 dan meningkat pada pertemuan 4 memperoleh skor 44. Pada aspek aktivitas siswa di pertemuan 1 memperoleh persentase 16?n meningkat pada pertemuan 4 memperoleh persentase 88%. Selanjutnya pada aspek keterampilan berpikir kreatif di pertemuan 1 memperoleh persentase 12?n meningkat pada pertemuan 4 memperoleh persentase 84%. Terakhir pada hasil belajar siswa secara klasikal di pertemuan 1 memperoleh persentase 28?n meningkat pertemuan 4 memperoleh persentase 92%. Kesimpulan yang didapatkan bahwa penggunaan model PROTECTION LANDING dapat meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru, siswa dan peneliti lain adalah agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar pada siswa.
dc.title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROTECTION LANDING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MUATAN IPA KELAS VA SDN 1 SUNGAI ULIN BANJARBARU


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account