Repo Mhs ULM

INTERNALISASI NILAI TOLERANSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL DALAM PENINGKATAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA SMPN 1 BANJARMASIN 

Show simple item record

dc.contributor.author Rahmat
dc.date.accessioned 2023-09-21T11:29:43Z
dc.date.available 2023-09-21T11:29:43Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/42529
dc.description.abstract ABSTRAK Rahmat. 2023. Internalisasi Nilai Toleransi melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Peningkatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa SMPN 1 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Muhammad Elmy. Kata Kunci: Nilai Toleransi, Model Pembelajaran PBL, HOTS Internalisasi nilai toleransi dapat diterapkan siswa melalui model pembelajaran PBL dalam peningkatan HOTS siswa dengan menerapkan model pembelajaran yang membuat siswa aktif. HOTS bisa dilatihkan kepada siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Namun pada kenyataannya nilai toleransi masih ada beberapa siswa kepada temannya sendiri tidak saling menghargai satu sama lain. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan desain deskriptif dalam penelitian ini, peneliti menggunakan sumber data primer dan sekunder sebagai sumber data utama. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kualitatif dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa muatan model pembelajaran PBL dalam peningkatan HOTS siswa yaitu meliputi kemampuan pemecahan masalah, kemampuan berpikir kreatif, berpikir kritis, kemampuan berargumen dan kemampuan mengambil keputusan. Dalam pelaksanaan nilai toleransi menyesuaikan materi pada buku LKS tentang norma dan keadilan sehigga masalah-masalah yang terjadi dilingkungan sekolah maupun diluar lingkungan sekolah sebagai objek. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar siswa mengerti pentingnya pemahaman dan pelaksanaan nilai toleransi khususnya di lingkungan sekolah sehingga tidak terjadinya konflik, kebencian, diskriminasi dan kekerasan serta guru dituntut untuk selalu kreatif dan inovatif dalam mengemas pembelajaran dan keterbatasan sarana dan prasarana yang ada di sekolah.
dc.title INTERNALISASI NILAI TOLERANSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL DALAM PENINGKATAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA SMPN 1 BANJARMASIN 


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account