Abstract:
Kampus Mengajar merupakan program yang bertujuan untuk membekali mahasiswa dalam bidang pendidikan. Dari berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan, diperoleh permasalahan salah satunya yaitu rendahnya minat membaca siswa disebabkan kurangnya media yang menarik. Minat membaca merupakan motivasi, rasa suka serta perhatian terhadap kegiatan membaca yang berasal dari dalam diri maupun dari luar seseorang. Media pembelajaran yang cocok untuk meningkatkan minat membaca siswa salah satunya yaitu E-Bookstory karena umum bagi siswa dan juga menarik sebagai sumber pembelajaran, serta cerita dapat divisualisasikan dengan gambar dan warna-warna yang menarik sesuai dengan alur dan latar cerita. Penulis berupaya memberikan alternatif dengan membuat media pembelajaran E-Bookstory dengan jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan Model 4D. Hasil laporan media pembelajaran E-Bookstory layak sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan minat membaca dibuktikan dengan hasil validasi oleh tiga ahli yaitu ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran. Hasil validasi dengan hasil persentase berturut turut 95,4%, 96,6%, dan 93,7% dikategorikan layak untuk digunakan. Serta hasil pengukuran minat membaca setelah menggunakan media lebih tinggi dari sebelum menggunakan media, dan hasil keduanya memiliki perbedaan yang signifikan.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, E-Bookstory, Minat Membaca