Repo Mhs ULM

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKN TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS V SDN TANIPAH 2 BARITO KUALA

Show simple item record

dc.contributor.author Arlana Ridho Syahdewa
dc.date.accessioned 2023-09-21T11:32:33Z
dc.date.available 2023-09-21T11:32:33Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/42552
dc.description.abstract ABSTRAK Syahdewa, Arlana Ridho. 2023. Meningkatkan Hasil Belajar Muatan PPKN Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning Dan Numbered Head Together Pada Siswa Kelas V Sdn Tanipah 2 Barito Kuala. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Sunarno, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Peristiwa Dalam Kehidupan, Problem Based Learning, dan Numbered Head Together. Permasalahan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V pada pelajaran PPKn materi peristiwa dalam kehidupan. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman siswa mengenai materi pembelajaran, siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan pembelajaran yang masih kurang bervariasi. Untuk itu dilakukan penelitian dengan tujuan mendeskripsikan aktivitas guru, serta menganalisis aktivitas siswa dan hasil belajar dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning dan Numbered Head Together pada materi peristiwa dalam kehidupan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus. Setting penelitian dilakukan di SDN Tanipah 2 Barito Kuala pada siswa kelas V dengan jumlah siswa 11 orang tahun ajaran 2022/2023. Penelitian dilakukan pada pelajaran PPKn materi tema 7 peristiwa dalam kehidupan. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif berupa observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran serta data kuantitatif berupa hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu diakhir pertemuan. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar klasikal yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor 23 dengan kriteria “baik” dan meningkat pada siklus II memperoleh skor 28 dengan kriteria “sangat baik”. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 63?ngan kriteria “aktif” dan meningkat pada siklus II mencapai skor 82?ngan kriteria “sangat aktif”. Hasil belajar siswa ranah kognitif pada siklus I mencapai 63?ngan kriteria “baik” dan meningkat pada siklus II mencapai 100?ngan kriteria “sangat baik”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan kombinasi model Problem Based Learning dan Numbered Head Together dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PPKn materi tema 7 peristiwa dalam kehidupan. Dan disarankan kepada guru, siswa, kepala sekolah dan peneliti lain untuk menggunakan kombinasi model pembelajaran dalam menciptakan kegiatan belajar mengajar yang dapat meningkatkan interaksi dan keterlibatan siswa pada kegiatan pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.
dc.title MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKN TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS V SDN TANIPAH 2 BARITO KUALA


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account