Repo Mhs ULM

MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI, DAN BERPIKIR KRITIS SISWA MUATAN IPA MATERI GAYA DAN GERAK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERITA PADA SISWA KELAS IV DI SDN 1 BANUA JINGAH

Show simple item record

dc.contributor.author Nor Aida
dc.date.accessioned 2023-09-21T11:33:44Z
dc.date.available 2023-09-21T11:33:44Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/42564
dc.description.abstract ABSTRAK Aida, Nor. 2023. Meningkatkan Aktivitas, Motivasi, Dan Berpikir Kritis Siswa Muatan Ipa Materi Gaya Dan Gerak Dengan Menggunakan Model Pembelajaran BERITA Pada Siswa Kelas IV Di SDN 1 Banua Jingah. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP ULM Banjarmasin. Pembimbing Dr. Noorhapizah, ST., M.Pd Kata Kunci: BERITA, Aktivitas Belajar, Motivasi Siswa, Keterampilan Berpikir Kritis, dan Hasil Belajar Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas siswa, motivasi, berpikir kritis, yang berdampak pada rendahnya hasil belajar di kelas IV SDN 1 Banua Jingah. Hal ini disebabkan karena pembelajaran masih bersifat satu arah yang hanya terpusat kepada guru, kemudian siswa kurang terlibat didalam proses pembelajaran sehingga menjadikan siswa menjadi pasif, serta pembelajaran masih belum menggunakan strategi dan model pembelajaran yang menarik. Upaya permasalah tersebut dengan menggunakan model BERITA (BERbasis Informasi langsung, Tes percobaan, dan permainan Analisis) yang terdiri dari model pembelajaran yang terdiri dari model pembelajaran Problem based learning, Team games tournament, dan metode eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa,motivasi, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas, dilaksanakan 4 kali pertemuan dengan jumlah siswa 20 orang. Teknik analisis data kualitatif berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa, sedangkan data kuantitatif melalui pengukuran hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pada pertemuan I memperoleh kriteria “Baik”, pertemuan II memperoleh kriteria “Baik”, pertemuan III memperoleh kriteria “Sangat Baik” dan pertemuan IV memperoleh kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pertemuan I mencapai kriteria “Cukup Aktif”, pertemuan II mencapai kriteria “Aktif”, pertemuan III mencapai kriteria “Sangat Aktif” dan pertemuan IV mencapai kriteria “Sangat Aktif”. Motivasi siswa pertemuan I mencapai kriteria “Cukup Tinggi”, pertemuan II mencapai kriteria “Tinggi”, pertemuan III mencapai kriteria “Sangat Tinggi” dan pertemuan IV mencapai kriteria “Sangat Tinggi”. Berpikir Kritis siswa pertemuan I mencapai kriteria “Cukup Kritis”, pertemuan II mencapai kriteria “Kritis”, pertemuan III mencapai kriteria “Sangat Kritis” dan pertemuan IV mencapai kriteria “Sangat Kritis”. Hasil belajar siswa ranah kognitif pada pertemuan I mencapai 65%, pertemuan II mencapai 65%, pertemuan III mencapai 90%, dan pertemuan IV mencapai 100%. Ranah afektif pertemuan I mencapai 40%, pertemuan II mencapai 65%, pertemuan III mencapai 90?n pertemuan IV mencapai 100%. Ranah psikomotorik pertemuan I mencapai 35%, pertemuan II mencapai 61%, pertemuan III mencapai 90?n pertemuan IV mencapai 100%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa, motivasi, berpikir kritis, serta hasil belajar. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru serta peneliti lain adalah agar hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dan masukan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.
dc.title MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI, DAN BERPIKIR KRITIS SISWA MUATAN IPA MATERI GAYA DAN GERAK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERITA PADA SISWA KELAS IV DI SDN 1 BANUA JINGAH


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account