dc.description.abstract |
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu, siswa cenderung pasif selama proses pembelajaran berlangsung yang berdampak pada rendahnya hasil belajar siwa pada mata pelajaran IPA yang disebabkan kurangnya pemahaman siswa dalam memahami konsep pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar pada muatan IPA materi siklus hidup hewan menggunakan kombinasi model PBL, NHT dan Mind Mapping. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam tiga pertemuan. Kelompok subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN Benua Anyar 2 Banjarmasin pada tahun ajaran 2022/2023, yang terdiri dari total 24 siswa.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah descriptive analysis dan cross tabulation analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa meningkat pada pertemuan III sebesar 92?ngan kriteria hampir seluruh siswa aktif. Demikian juga, terdapat peningkatan pada hasil belajar kognitif siswa secara individual pada pembelajaran pertemuan III mencapai 92?ngan kriteria hampir seluruh siswa tuntas. Bagi kepala sekolah, guru, dan peneliti lainnya, rekomendasi yang dapat diambil dari penelitian ini adalah hasil temuan dapat menjadi opsi dan panduan dalam pemilihan model pembelajaran yang mampu meningkatkan partisipasi serta hasil belajar siswa. |
|