Repo Mhs ULM

MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN, DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL), DIRECTED READING-THINKING ACTIVITY (DRTA), DAN TALKING STICK PADA KELAS IV SDN MAWAR 2 BANJARMASIN

Show simple item record

dc.contributor.author Sheila Ayu Pratiwi
dc.date.accessioned 2023-09-21T11:36:00Z
dc.date.available 2023-09-21T11:36:00Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/42585
dc.description.abstract ABSTRAK Pratiwi, Sheila Ayu. 2023. Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Membaca Pemahaman, Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning (PBL), Directed Reading-Thinking Activity (DRTA), Dan Talking Stick Pada Kelas IV SDN MAWAR 2 BANJARMASIN. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dessy Dwitalia Sari, M.Pd. Kata Kunci: Aktivitas, Keterampilan Membaca Pemahaman, Hasil Belajar, Problem Based Learning, Directed Reading-Thinking Activity, Talking Stick Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, keterampilan membaca pemahaman dan hasil belajar siswa pada muatan Bahasa Indonesia. Solusi mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan kombinasi model Problem Based Learning (PBL), Directed Reading-Thinking Activity (DRTA), dan Talking Stick. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa, keterampilan membaca pemahaman dan hasil belajar siswa pada muatan Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Mawar 2 Banjarmasin yang berjumlah 29 orang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan, pada semester II tahun ajaran 2022/2023. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan keterampilan membaca pemahaman, kemudian menggunakan data kuantitatif untuk memperoleh hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan aktivitas guru memperoleh skor 24 dengan kriteria sangat baik, aktivitas siswa mencapai 100?ngan kriteria seluruhnya aktif, keterampilan membaca pemahaman mencapai 100?ngan kriteria seluruhnya terampil, ketuntasan hasil belajar siswa memperoleh 98%. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Directed Reading-Thinking Activity (DRTA), Dan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas, keterampilan membaca pemahaman dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Mawar 2 Banjarmasin. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah dan peneliti ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam memilih dan menggunakan kombinasi model pembelajaran khususnya pada muatan Bahasa Indonesia.
dc.title MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN, DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL), DIRECTED READING-THINKING ACTIVITY (DRTA), DAN TALKING STICK PADA KELAS IV SDN MAWAR 2 BANJARMASIN


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account