Abstract:
Penelitian ini berfokus pada evaluasi pengembangan dengan menggunakan model Educational Design Research (EDR), yaitu proses pengembangan metode penelitian yang berlangsung dalam rangkaian kegiatan penelitian (research). Pengembangan berupa produk buku ensiklopedia yang memiliki pengertian sebagai suatu daftar subjek yang disertai keterangan-keterangan tentang definisi, latar belakang dan data bibliografisnya yang disusun secara alfabetis dan sistematis. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk memperbaiki produk, namun belum pernah diuji sebelumnya. Penelitian pengembangan dengan desain Tessmer yang dilakukan terdiri atas beberapa uji utama, yaitu : 1) expert review; 2) one-to-one evaluation; 3) small group evaluation. Subjek validasi meliputi 3 orang ahli, subjek uji perorangan adalah 4 orang mahasiswa yang sedang atau sudah mengikuti mata kuliah Phanerogamae, dan subjek uji kelompok kecil adalah 4 orang mahasiswa yang sudah atau sedang mengikuti mata kuliah Phanerogamae. Data diperoleh dari penelitian menunjukkan hasil berupa 1) Uji validitas ensiklopedia mendapat skor 3,67 sehingga masuk dalam kategori baik, karena berisi konten yang dapat digunakan oleh guru dan peserta didik serta struktur ensiklopedia yang baik dan sistematis, 2) Uji kepraktisan isi mendapat skor 3,54 sehingga masuk dalam kategori baik dan kepraktisan harapan ensiklopedia mendapat skor 100% sehingga masuk dalam kategori sangat baik, karena berisi konten yang sesuai dengan capaian materi, mudah dipahami, memiliki struktur buku yang menarik, dan 3) Uji keefektifan harapan ensiklopedia mendapat skor 91,6% sehingga masuk dalam kategori sangat baik karena melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa berdasarkan hasil uji yang telah dilakukan.
Kata kunci: penelitian pengembangan, ensiklopedia, famili sapindaceae, keterampilan berpikir kritis