Repo Mhs ULM

EFEKTIVITAS MODUL AJAR MATERI ALJABAR DALAM MENUNJANG KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA DALAM MENDUKUNG IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

Show simple item record

dc.contributor.author Indriani
dc.date.accessioned 2023-09-21T11:37:09Z
dc.date.available 2023-09-21T11:37:09Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/42596
dc.description.abstract Kurikulum merdeka disebar dan dilaksanakan di semua satuan pendidikan dengan tujuan memperbaharui proses pengajaran yang terancam pandemi. Kompetensi literasi numerik menjadi fokus utama di Indonesia, dianggap sebagai tantangan yang sangat menarik di abad ke-21. Kemampuan literasi numerasi penting untuk dikembangkan dalam pembelajaran termasuk dalam pembelajaran matematika di sekolah. Tujuan penelitian ialah menguji kepraktisan dan keefektifan modul ajar materi aljabar dalam menunjang kemampuan literasi numerasi siswa pada implementasi kurikulum merdeka. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ialah metode RnD dengan model pengembangan 4-D pada tahap development yaitu uji coba produk pada siswa kelas VII MTs. Berdasarkan hasil uji kepraktisan melalui angket respon siswa memumpuni kriteria sangat praktis, melalui angket respon guru memumpuni kriteria sangat praktis. Hasil uji keefektifan melalui asesmen akhir memenuhi kriteria sangat efektif yakni (?83%) siswa berhasil mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yakni (?75) . Demikian, modul ajar materi aljabar dalam menunjang kemampuan literasi numerasi siswa dalam mendukung implementasi kurikulum merdeka adalah sangat praktis dan sangat efektif.
dc.title EFEKTIVITAS MODUL AJAR MATERI ALJABAR DALAM MENUNJANG KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA DALAM MENDUKUNG IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account