Repo Mhs ULM

IMPLEMENTASI MODEL PASSING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI UPTD SDN PANGGUNG BARU

Show simple item record

dc.contributor.author Muhammad Alfian Redhani
dc.date.accessioned 2023-09-21T11:38:06Z
dc.date.available 2023-09-21T11:38:06Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/42604
dc.description.abstract ABSTRAK Redhani, Muhammad Alfian. 2023. Implementasi Model PASSING Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Motivasi Belajar Siswa Kelas V di UPTD SDN Panggung Baru. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Akhmad Riandy Agusta, M.Pd Kata Kunci: Hasil Belajar, IPS, Problem Based Learning, Two Stay Two Stray, Role Playing. Permasalahan dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa. Ini disebabkan karena proses pembelajaran kurang keaktifan, kefokusan dan minat peserta didik serta pembelajaran berjalan satu arah. Untuk mengatasi permasalahan dengan kombinasi Model Problem Based Learning, Two Stay Two Stray, Role Playing. Penelitian bertujuan mendeskripsikan aktivitas pendidik dan peserta didik serta motivasi belajar yang berdampak pada hasil belajar peserta didik. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah kelas V UPTD SDN Panggung Baru tahun pelajaran 2022/2023 berjumlah 34 orang. Jenis data adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari obervasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan aktivitas guru pertemuan1 sampai 3 meningkat dari 24 hingga 40 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai 3 meningkat dari 36% hingga 85?ngan kriteria sangat aktif. Motivasi belajar siswa pada pertemuan 1 sampai 3 meningkat dari 59% hingga 85%. Sehingga mempengaruhi meningkatnya hasil belajar peserta didik pertemuan 1 sampai 3 dari 47% hingga 85%. Dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar peserta didik pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita menggunakan kombinasi model pembelajaran ProblemBased Learning, Two Stay Two Stray, dan Role Playing di UPTD SDN Panggung Baru meningkat dan hipotesis dapat diterima. Disarankan bagi guru sebagai pertimbangan dalam mengembangkan inovasi pembelajaran, siswa dapat memperbaiki gaya belajar, kepala sekolah sebagai masukan pembinaan pendidik dan peneliti selanjutnya untuk bahan referensi.
dc.title IMPLEMENTASI MODEL PASSING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI UPTD SDN PANGGUNG BARU


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account