dc.description.abstract |
Permasalahan pada penelitian ini adalah siswa yang masih pasif dalam mengikuti pembelajaran dan keterampilan berpikir kritis pada muatan IPS. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya ketertarikan siswa pada muatan IPS mengenai keadaan daerah sekitar ditambah lagi pembelajaran yang dibawakan dengan metode yang konvensional sehingga siswa merasa jenuh dan cepat bosan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, mendeskripsikan aktivitas siswa, menganalisis pengaruh model PINTAR tehradap keterampilan berpikir kritis siswa, dan menganalisis pengaruh model PINTAR terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Beringin 2 yang berjumlah 25 siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan, pada semester II tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan kualitas aktivitas guru pertemuan III memperoleh skor 51. Aktivitas siswa pada pertemuan III memperoleh peningkatan 88%. Adapun keterampilan berpikir kritis memperoleh 84%. Sedangkan untuk ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pertemuan III memperoleh persentase 88%.
Kata kunci: Aktivitas Siswa, Keterampilan Berpikir Kritis, Pintar, Hasil Belajar. |
|