Repo Mhs ULM

Analisis Tingkat Pengetahuan Teknologi, Pedagogi, dan Konten (TPACK) Guru Bahasa Inggris pada Forum Guru Bahasa Inggris (MGMP) SMP Kabupaten Banjar Selama Pandemi Covid-19

Show simple item record

dc.contributor.author Ernes Sofia Nery
dc.date.accessioned 2023-09-21T11:42:31Z
dc.date.available 2023-09-21T11:42:31Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/42646
dc.description.abstract Nery, Ernes Sofia. 2022. Analisis Tingkat Pengetahuan Teknologi, Pedagogi, and Konten (TPACK) Guru Bahasa Inggris pada Forum Guru Bahasa Inggris (MGMP) SMP Kabupaten Banjar Pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi Sarjana. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Pembimbing pertama: Nasrullah M.Pd.B.I., Pembimbing kedua: Yusuf Al Arief, M.Hum. Kata Kunci: Guru Bahasa Inggris, Tingkat Pengetahuan Guru, TPACK Saat ini, banyak peneliti memperhatikan bagaimana teknologi digunakan dalam proses belajar mengajar di kelas karena dipandang sebagai cara untuk menggabungkan pengajaran dan teknologi. Berbagai penelitian tentang kerangka TPACK telah dilakukan, beberapa di antaranya meneliti guru lintas mata pelajaran. Namun, beberapa studi berbicara tentang mengukur TPACK di komunitas guru EFL. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat pengetahuan tentang kerangka TPACK guru dalam Forum Guru Bahasa Inggris (MGMP), khususnya guru Bahasa Inggris SMP di Kabupaten Banjar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Survei berbasis kuesioner digunakan untuk mengetahui tingkat pengetahuan guru tentang TPACK kemudian diadakan wawancara semi-terstruktur untuk lebih menggali pengetahuan guru tentang TPACK. Populasi penelitian ini adalah guru-guru di Forum Guru Bahasa Inggris (MGMP) SMP Kabupaten Banjar dan dipilih menggunakan total sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru relatif memiliki tingkat TPACK yang baik. PK (M: 3,94) merupakan domain yang memiliki skor tertinggi, dilanjutkan dengan CK (M: 3,92), PCK (M: 3,92), TK (M: 3,88), TPK (M: 3,63), TCK (M: 3,57 ), dan TPACK (M: 3.5). Hal ini menunjukkan bahwa domain dalam kerangka TPACK yang terutama terkait dengan teknologi masih rendah jika dibandingkan dengan domain non-teknologi dan masih perlu ditingkatkan untuk pengajaran berbasis teknologi yang lebih baik di masa mendatang. Dalam penelitian ini, penelitian hanya berfokus pada tingkat pengetahuan guru bahasa Inggris tentang TPACK yang dilakukan di tingkat SMP dan sedikit berbicara tentang efektivitas bagaimana forum guru berperan dalam merumuskan desain teknologi konten yang baik. Oleh karena itu, dapat direkomendasikan dalam penelitian mendatang apakah ada interaksi antara tingkat TPACK dan produktivitas komunitas praktik (CoP).
dc.title Analisis Tingkat Pengetahuan Teknologi, Pedagogi, dan Konten (TPACK) Guru Bahasa Inggris pada Forum Guru Bahasa Inggris (MGMP) SMP Kabupaten Banjar Selama Pandemi Covid-19


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account