Abstract:
Permasalahan yang dialami pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa yang disebabkan pembelajaran masih menghafal materi, kurangnya minat siswa, siswa kurang terlibat dan siswa kurang berkerjasama dalam kelompok. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan model Flashback dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa, aktivitas guru, dan hasil belajar siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam 4 pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Sungai Miai 8 Banjarmasin dengan jumlah siswa 24 orang. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif yang disajikan dalam tabel. Hasil penelitian pertemuan I - IV menunjukkan (1) Aktivitas guru mencapai skor 34 dengan kategori Sangat baik. (2) Aktivitas siswa mencapai persentase 96%. (3) Hasil belajar siswa mencapai ketuntasan klasikal 96%.