Abstract:
PENELITIAN INI MEMILIKI TUJUAN UNTUK MENDESKRIPSIKAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN BERDASARKAN CERPEN YANG DIDENGAR SISWA KELAS IX-D SMPN 10 BANJARMASIN. PENELITIAN INI MENDESKRIPSIKAN KETERAMPILAN SISWA BERDASARKAN STRUKTUR DAN UNSUR PEMBANGUN CERPEN. JENIS PENELITIAN METODE DESKRIPTIF DENGAN PENDEKATAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF. BERDASARKAN DARI ANALISIS DATA, DIKETAHUI BAHWA SISWA MASIH KURANG DALAM MENULIS CERPEN BERDASARKAN ASPEK STRUKTUR DAN ASPEK KESASTRAAN. BERDASARKAN ASPEK STRUKTUR, DARI 28 SISWA, ADA 9 SISWA (32,14%) DIKATEGORIKAN SANGAT BAIK, 1 SISWA (3,58%) DIKATEGORIKAN BAIK, 4 SISWA (14,28%) DIKATEGORIKAN CUKUP, 14 SISWA (50%) DIKATEGORIKAN KURANG. BERDASARKAN DATA TERSEBUT, KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS IX-D SMPN 10 BANJARMASIN PADA ASPEK STRUKTUR DIKATEGORIKAN KURANG (KURANG TERAMPIL), DENGAN PERSENTASE (50%). BERDASARKAN ASPEK KESASTRAAN, 8 SISWA (28,57%) DIKATEGORIKAN BAIK, 6 SISWA (21,43%) DIKATEGORIKAN CUKUP BAIK, 14 SISWA (50%) DIKATEGORIKAN KURANG BAIK. BERLANDASKAN DATA TERSEBUT, KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS IX-D SMPN 10 BANJARMASIN PADA ASPEK KESASTRAAN DIKATEGORIKAN KURANG BAIK (KURANG TERAMPIL) DENGAN PERSENTASE (50%).
KATA KUNCI: MENULIS, KETERAMPILAN MENULIS, DAN CERPEN.