Repo Mhs ULM

MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING, MIND MAPPING, COURSE REVIEW HORAY DAN PENDEKATAN TPACK PADA MUATAN IPA SISWA KELAS V SDN KELAYAN TIMUR 8

Show simple item record

dc.contributor.author Dewi Normaya
dc.date.accessioned 2023-09-21T11:47:59Z
dc.date.available 2023-09-21T11:47:59Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/42697
dc.description.abstract Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya keterampilan proses sains, siswa kurang bekerja sama, keterampilan berpikir kritis siswa kurang berkembang, siswa kurang memahami materi, dan pembelajaran belum mengintegrasikan teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas V SDN Kelayan Timur 8 dengan menerapkan pembelajaran model “Problem Based Learning dan Pendekatan TPACK”. Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan selama 4 pertemuan ini dilandasi dengan empat tahap yaitu: (1) Tahap Perencanaan (Planning) (2) Pelaksanaan Tindakan (Action) (3) Tahap Pengamatan (Observing) (4) Refleksi (Reflecting). Data dalam penelitian ini adalah hasil observasi dan hasil tes tertulis. Hasil penelitian menunjukan aktivitas guru dala 4 pertemuan terlaksana dengan sangat baik. Aktivitas siswa meningkat pada setiap pertemuannya, sehingga 100% siswa secara klasikal berhasil dengan kriteria seluruhnya aktif. Keterampilan Berpikir kritis siswa meningkat pada setiap pertemuannya, sehingga 100% siswa secara klasikal berhasil dengan kriteria seluruhnya kritis. Hasil belajar siswa meningkat pada setiap pertemuannya dan 96% siswa secara klasikal berhasil mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
dc.title MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING, MIND MAPPING, COURSE REVIEW HORAY DAN PENDEKATAN TPACK PADA MUATAN IPA SISWA KELAS V SDN KELAYAN TIMUR 8


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account