Repo Mhs ULM

MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI HAK DAN KEWAJIBAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING KOMBINASI MODEL COURSE REVIEW HORAY  DENGAN PENDEKATAN TPACK PADA KELAS 5 SDN TELUK DALAM 12 BANJARMASIN TENGAH

Show simple item record

dc.contributor.author Riska Amalia
dc.date.accessioned 2023-09-21T11:48:50Z
dc.date.available 2023-09-21T11:48:50Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/42702
dc.description.abstract Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang kurang mampu melibatkan keaktifan siswa, tidak menggunakan model pembelajaran dan teknologi sebagai penunjang serta kurang memacu siswa untuk berpikir kritis. Maka dari itu, diperlukan solusi seperti menggunakan model Problem Based Learning kombinasi Course Review Horay, dengan Pendekatan TPACK. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis dan peningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas dan dilaksanakan dengan 3 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 SDN Teluk Dalam 12 Banjarmasin tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 20 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data kualitatif diperoleh dari observasi aktivitas dan keterampilan berpikir kritis siswa. Teknik pengumpulan data kuantitatif diperoleh dari teknik pengukuran tes tertulis secara individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan mengalami peningkatan, pada pertemuan 1 mendapatkan skor 25 (baik), meningkat menjadi skor 31(sangat baik) pada pertemuan 3. Aktivitas siswa memperoleh 50% (cukup aktif) pada pertemuan 1 dan meningkat menjadi 100% (sangat aktif) pada pertemuan 3. Keterampilan berpikir kritis siswa pada pertemuan 1 mencapai 50% (cukup tinggi) dan meningkat pada pertemuan 3 menjadi 100% (sangat tinggi). Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh 50?n meningkat pada pertemuan 3 menjadi 100%. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning kombinasi Course Review Horay, dengan Pendekatan TPACK dapat meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Disarankan hasil penelitian ini dapat dijadikan alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.
dc.title MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI HAK DAN KEWAJIBAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING KOMBINASI MODEL COURSE REVIEW HORAY  DENGAN PENDEKATAN TPACK PADA KELAS 5 SDN TELUK DALAM 12 BANJARMASIN TENGAH


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account