Repo Mhs ULM

MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL DARI  PROBLEM BASED LEARNING (PBL), STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA KELAS V SDN SUNGAI GAMPA ASAHI RANTAU BADAUH

Show simple item record

dc.contributor.author Siti Aisyah Ismi
dc.date.accessioned 2023-09-21T11:52:13Z
dc.date.available 2023-09-21T11:52:13Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/42734
dc.description.abstract Ismi, Siti Aisyah. 2023. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Materi Perubahan Wujud Dan Benda Menggunakan Kombinasi Model Dari Poblem Based Learning (PBL), Studend Team Achievement Division (STAD) Dan Team Games Tournament (TGT) Pada Kelas V SDN Sungai Gampa Asahi Rantau Badauh.. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Wahdah Refia Rafianti, S.Sn., M.Pd. Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model Poblem Based Learning (PBL), Studend Team Achievement Division (STAD) Dan Team Games Tournament (TGT). Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Hal tersebut disebabkan pembelajaran kurang menarik dan bermakna, pembelajaran masih berpusat pada guru, dan siswa kurang terbiasa belajar kelompok. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL), Studend Team Achievement Division (STAD) Dan Team Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis peningkatan aktivitas siswa, dan hasil belajar. Pendekatan kualitatif dan kuantitatif. PTK dilaksanakan dalam 3 pertemuan, kelas V SDN Sungai Gampa Asahi Rantau Badauh, 20 siswa tahun 2022/2023. Teknik analisis data kualitatif lembar observasi aktivitas guru, dan aktivitas siswa sedangkan data kuantitatif mengukur hasil belajar. Hasil menunjukkan aktivitas guru mendapatkan 93%. Aktivitas siswa mendapatkan 100%. Hasil belajar kognitif mendapatkan 100%, afektif mendapatkan 100?n psikomotorik mendapatkan 100%. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan model Problem Based Learning (PBL), Studend Team Achievement Division (STAD) Dan Team Games Tournament (TGT). dapat meningkatkan dan hasil belajar. Disarankan model ini dijadikan alternatif meningkatkan aktivitas dan hasil belajar.
dc.title MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL DARI  PROBLEM BASED LEARNING (PBL), STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA KELAS V SDN SUNGAI GAMPA ASAHI RANTAU BADAUH


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account