Repo Mhs ULM

MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH MENGGUNAKAN MODEL LEARN GREAT  PADA MUATAN IPA PESERTA DIDIK KELAS V SDN TERANTANG 1 KABUPATEN BARITO KUALA

Show simple item record

dc.contributor.author Qurota Ayun
dc.date.accessioned 2023-09-21T11:53:34Z
dc.date.available 2023-09-21T11:53:34Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/42749
dc.description.abstract Belum lama ini, dunia sedang menghadapi gencarnya perkembangan era revolusi baru yakni era society 5.0. era baru ini menyebabkan adanya tantangan yang meliputi berbagai aspek dan bidang, salah satunya bidang pendidikan. Demi menjawab tantangan ini diperlukan adanya SDM yang memiliki kemampuan berfikir tingkat tinggi (HOTS), yang mana salah satu penyelesaiannya adalah dilaksanakannya pembelajaran IPA di SD. Sejalan dengan pembahasan di atas, peneliti mendapati beberapa permasalahan dalam pembelajaran IPA terkhusus di jenjang Sekolah Dasar. Yang mana diketahui bahwa aktivitas siswa, keterampilan memecahkan masalah, dan hasil belajar siswa masih cenderung rendah. Oleh sebab itu, Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, serta menganalsisi perubahan dan peningkatan pada keterampilan memecahkan masalah dan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini, digunakan Teknik Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan pada kelas V SDN Terantang 1 Kecamatan Mandastana Kabupaten Barito Kuala dengan jumlah siswa sebanyak 10 orang. Peneliti menggunakan model pembelajaran LEARN GREAT, dan melakukan pengumpulan data secara kuantitatif dan kualitatif, serta dianalisis dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian menggunakan model LEARN GREAT menunjukkan bahwa aktivitas meningkat dari skor 16 (Cukup Baik) pada pertemuan 1 menjadi skor 27 (Sangat Baik) pada pertemuan 3, aktivitas siswa meningkat dari skor presentase klasikal 30% (Cukup Aktif) pada pertemuan 1 menjadi skor presentase klasikal 100% (Sangat Aktif) pada pertemuan 3, serta keterampilan memecahkan masalah dari skor presentase klasikal 50% (Cukup Terampil) pada pertemuan 1 menjadi skor presentase klasikal 100% (Sangat Terampil) pada pertemuan 3. Sedangkan hasil belajar kognitif meningkat dari 70% menjadi 90%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan model LEARN GREAT dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan memecahkan masalah dan hasil belajar siswa.
dc.title MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH MENGGUNAKAN MODEL LEARN GREAT  PADA MUATAN IPA PESERTA DIDIK KELAS V SDN TERANTANG 1 KABUPATEN BARITO KUALA


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account