Abstract:
Pemrograman dasar merupakan salah satu mata pelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan bidang keahlian Teknologi Komputer dan Informatika yang memberikan dasar-dasar logika yang universal dan mengedepankan pembentukan pola pikir siswa dalam menciptakan program yang efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media pembelajaran interaktif pada materi pemrograman dasar C++ dengan metode drill and practice; (2) mengetahui validitas media pembelajaran interaktif berbasis web yang telah dikembangkan pada materi pemrograman dasar C++ dengan metode drill and practice. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan ADDIE yang sudah dibatasi yaitu analysis, design, development, dan evaluation. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket validasi materi dan validasi media. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis statistik deskriptif. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi pemrograman dasar C++ dengan metode drill and practice yang dikembangkan dengan teknologi HTML, CSS, Boostraps, Javascript, Firebase, Adobe XD, Online IDE, Software Ideas Modeler, dan Netlify. Media yang dikembangkan valid dengan nilai validitas materi termasuk dalam kriteria yang tinggi dan nilai validitas media termasuk dalam kriteria yang sangat tinggi. Oleh karena itu, media pembelajaran interaktif berbasis web pada pembelajaran interaktif berbasis web pada materi pemrograman dasar C++ dengan metode drill and practice dinyatakan dapat digunakan untuk uji coba dalam pembelajaran.