Repo Mhs ULM

Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Based Learning, Probing Promting , Dan Think Pair And Share Dilengkapi Media Inpo Pada Muatan IPS Kelas IV UPTD SDN 1 Kait-Kait

Show simple item record

dc.contributor.author Ayu Novika Sari
dc.date.accessioned 2023-09-21T11:55:26Z
dc.date.available 2023-09-21T11:55:26Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/42764
dc.description.abstract Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya aktivitas dan belum berkembangnya kemampuan berpikir kritis siswa. Akibatnya siswa siswa pasif pada pembelajaran, tidak berkembangnya kemampuan berpikir kritis siswa secara optimal, kurang percaya diri dalam mengemukakan pendapatnya, dan siswa tidak menguasai materi pembelajaran dengan baik. Salah satu upaya yang dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan berpikir kritis siswa yaitu dengan menggunakan kombinasi model Problem Based Learning, Probing Promting, dan Think Pair And Share Dilengkapi Media Inpo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbaikan aktivitas guru dan siswa serta menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV UPTD SDN 1 Kait-Kait, pada semester II tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 20 orang siswa. Analisis data dalam penelitian ini disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Indikator keberhasilanaktivitas guru pada kategori sangat baik, aktivitas siswa mencapai ?80% , kemampuan berpikir kritis mencapai ?80?n hasil belajar mrngalami ketuntasan secara klasikal ?80%. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan pada pertemuan I hingga pertemuan IV, dengan perolehan aktivitas guru pada pertemuan 1 hinggga IV yakni dari 25 menjadi 34. Selanjutnya aktivitas siswa pertemuan I hingga pertemuan IV juga meningkat dari 45% menjadi 95%. Dan pada kemampuan berpikir kritis siswa pertemuan I hingga IV 45% menjadi 95%. Dan pada hasil belajar siswa secara klasikal pada pertemuan I hingga pertemuan IV dari 45% menjadi 90%. Berdasarkan hasil temuan ini telah dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning, Probing Promting, dan Think Pair And Share Dilengkapi Media Inpo di kelas IV UPTD SDN 1 Kait-Kait dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, kemampuan berpikir kritis, dan hasil belajar siswa. Dengan itu adapun saran bagi guru, kepala sekolah, siswa dan peneliti lain, penelitian ini dapat dijadikan referensi dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.
dc.title Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Based Learning, Probing Promting , Dan Think Pair And Share Dilengkapi Media Inpo Pada Muatan IPS Kelas IV UPTD SDN 1 Kait-Kait


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account