dc.contributor.author | Masdiana | |
dc.date.accessioned | 2023-09-21T11:56:19Z | |
dc.date.available | 2023-09-21T11:56:19Z | |
dc.identifier.uri | https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/42771 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan keterampilan kolaborasi peserta didik kelas V pada Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan menggunakan model Problem Based Learning dibantu dengan model JGSM dan Permainan ular naga. Penelitian ini menggunakan PTK yang dilaksanakan 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V Kelayan Selatan 8 berjumlah 20 orang. Indikator keberhasilan penelitian dengan ketuntasan belajar yaitu 80% peserta didik mencapai KKM nilai ?80. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada pertemuan I hingga pertemuan II aktivitas pendidik mendapatkan kriteria “Sangat Baik” di 2 pertemuan. Aktivitas peserta didik pada pertemuan I “Sebagian besar aktif” meningkat menjadi “Hampir seluruhnya aktif” pada pertemuan II. keterampilan kolaborasi peserta didik pada pertemuan I “Sebagian besar Terampil” meningkat menjadi “Hampir seluruhnya Terampil” pada pertemuan II. Sedangkan ketuntasan hasil belajar peserta didik 75% di pertemuan I meningkat menjadi 100% di pertemuan II. Disimpulkan bahwa dalam menggunakan model Problem Based Learning dibantu dengan model JSGM serta Permainan Ular Naga aktivitas dan keterampilan kolaborasi peserta didik mengalami peningkatan. | |
dc.title | MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, DAN KOLABORASI PADA TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DIBANTU DENGAN MODEL JSGM SERTA PERMAINAN ULAR NAGA DI KELAS V SDN KELAYAN SELATAN 8 |