dc.description.abstract |
Permasalahan penelitian tindakan kelas ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN Aluh – Aluh Besar 2 Kabupaten Banjar pada pelajaran matematika khususnya pada materi Penjumlahan Pecahan Berpenyebut. Hal ini disebabkan karena pembelajaran masih berpusat pada guru, siswa tidak mampu beraktivitas terhadap materi yang diterima, guru belum menggunakan media pembelajaran. Untuk itu dilakukan penelitian dengan tujuan mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar dalam menggunakan kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning, Snowball Throwing pada materi Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Berbeda.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Aluh – Aluh Besar 2 Kabupaten Banjar tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 10 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas ini adalah siswa dapat mencapai ketuntasan belajar secara individu dengan mencapai skor nilai sama atau di atas KKM atau ?65 dan dapat mencapai ketuntasan klasikal ?80?ri seluruh siswa di kelas, serta aktivitas guru dapat mencapai kriteria “sangat baik” dan aktivitas siswa dapat mencapai kriteria “sangat aktif”.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan Pembelajaran yang dilaksanakan oleh penelitian mengalami keberhasilan kualitas aktivitas guru siklus I dengan kategori “baik” mengalami peningkatan dengan kategori “sangat baik” pada siklus II. Untuk aktivitas siswa juga mengalami peningkatan, yaitu siklus I dengan kategori “aktif” menjadi kategori “sangat aktif” pada siklus II. Sedangkan ketuntasan belajar siswa mengalami keberhasilan yaitu mencapai ketuntasan secara individu maupun klasikal
Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar terbukti meningkat. Disarankan kepada guru, kepala sekolah, dan peneliti lain penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan atau informasi dalam rangka memilih model-model dan media pembelajaran dalam mengajar untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan juga hasil belajar penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda siswa sehingga menjadi lebih optimal. |
|