Abstract:
Permasalahan pada penelitian ini rendahnya aktivitas, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar. Upaya untuk mengatasi hal tersebut dengan menggunakan model pembelajaran PBL, GI, dan Make A Match. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, meningkatkan aktivitas, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek Penelitian ini siswa kelas V SDN Kelayan Timur 5 Banjarmasin pada tahun ajaran 2022/2023 berjumlah 25 orang siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I memperoleh skor 25, pada pertemuan IV memperoleh skor maksimal yaitu 32. Aktivitas siswa pada pertemuan I masih 60% meningkat pada pertemuan IV menjadi 96%. Keterampilan berpikir kritis pada pertemuan I masih 44% meningkat pada pertemuan IV menjadi 88%. Hasil belajar siswa pada pertemuan I yaitu 44% meningkat pada pertemuan IV dengan ketuntasan klasikal 92%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan model kombinasi PBL, GI, dan Make A Match dapat meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.