Repo Mhs ULM

MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN PPKN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GASING PADA KELAS V SDN PANGERAN 2 BANJARMASIN

Show simple item record

dc.contributor.author Yuliani Syafitri
dc.date.accessioned 2023-09-21T11:57:52Z
dc.date.available 2023-09-21T11:57:52Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/42789
dc.description.abstract ABSTRAK Yuliani Syafitri 2023. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Muatan PPKN Menggunakan Model Pembelajaran GASING Pada Kelas V SDN Pangeran 2. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Ari Hidayat, M.Pd. Kata Kunci : Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Model GASING. Permasalahan pada penelitian ini terletak pada rendahnya aktivitas, hasil belajar siswa. Hal tersebut disebabkan proses pembelajaran yang masih menerapkan pembelajaran teacher centered, siswa kesulitan memahami materi PPKn dan siswa masih beradaptasi dengan pembelajaran tatap muka akibat dari efek pandemi. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran GASING dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Dikelas V SDN Pangeran 2 Banjarmasin. Yang berjumlah 12 orang siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari skor 22 dengan kriteria cukup baik menjadi 33 dengan kritea sangat baik. Observasi aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai 4 secara klasikal meningkat dari 50?ngan kriteria cukup baik menjadi 100?ngan kriteria sangat baik. Observasi aktivitas hasil belajar siswa pada pertemuan 1 sampai 4 secara klasikal meningkat dari 25?ngan kriteria kurang aktif menjadi 100%. Hasil belajar dan minat belajar afektif siswa secara klasikal pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 25% menjadi 100%. Hasil belajar aspek psikomotorik siswa secara klasikal pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 50% menjadi 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran GASING muatan PPKN siswa kelas V SD Negeri Pangeran 2 pada aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar dapat terlaksana dengan sangat baik dan sangat aktif pada setiap pertemuannya sehingga telah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru dan penelitian lain adalah agar penelitian lain adalah agar penelitian ini dijadikan referensi dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran khususnya muatan PPKN di sekolah dasar
dc.title MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN PPKN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GASING PADA KELAS V SDN PANGERAN 2 BANJARMASIN


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account