Repo Mhs ULM

Kegiatan Karang Taruna di Desa Anjir Serapat Muara 1 Sebagai Sumber Belajar IPS

Show simple item record

dc.contributor.author Nurul Jannah
dc.date.accessioned 2023-09-21T12:01:02Z
dc.date.available 2023-09-21T12:01:02Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/42819
dc.description.abstract ABSTRAK Nurul Jannah. 2023. Kegiatan Sosial Karang Taruna Di Desa Anjir Serapat Muara 1 Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Dr. Ismi Rajiani, MM dan Pembimbing II: Muhammad Adhitya Hidayat Putra, M.Pd ?Peran karang taruna di Desa Anjir Serapat Muara 1 belum dikatakan maksimal karena kurangnya keaktifan anggota karang taruna dalam beberapa kegiatan sehingga lebih banyak yang bukan anggota dalam mengikuti kegiatan hal tersebut berprengaruh dalam peran karang taruna di desa kegiatan sosial sangat penting dilakukan di setiap desa karena dapat menambah rasa kekeluargaan, empati, dan peduli dengan keadaan sekitar . ?Tujuan penelitian: 1)Untuk mengetahui profil desa Anjir Serapat Muara 1 dan profil karang taruna. 2) Untuk mengetahui peran karang taruna desa Anjir Serapat Muara 3)Untuk mengetahui peran karang taruna desa Anjir Serapat Muara 1 sebagai Sumber Belajar IPS. ?Pendekatan penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Kemudian teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Untuk menguji keabsahan data peneliti melakukan perpanjangan pengamatan, member check, dan triangulasi. Pada triangulasi yaitu yang digunakan triangulasi sumber dan triangulasi waktu. ?Hasil penelitian terdapat 1). Profil Karang Taruna Maju Bersama Desa Anjir Serapat Muara 1. 2). Kegiatan karang taruna di Desa Anjir Serapat Muara 1 dalam kegiatan yang dilakukan seperti kegiatan olahraga, kegiatan keagamaan dan kegiatan gotong royong. 3). Kegiatan karang taruna sebagai sumber belajar IPS kegiatan olahraga, kegiatan keagamaan dan kegiatan gotong royong yang dilaksanakan oleh karang taruna di Desa Anjir Serapat Muara 1 dapat dimasukkan dalam sumber belajar IPS di SMP pada materi kelas VII semester II materi interaksi sosial dan lembaga sosial. ?Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam peran karang taruna dalam kegiatan di Desa Anjir Serapat Muara 1 terdapat nilai sosial yang dimiliki oleh karang taruna dan masyarakat Desa Anjir Serapat Muara 1. Hal ini menunjukkan bahwa lingkungan masyarakat dapat dikaitkan dengan sumber belajar IPS di SMP. Kata Kunci : Kegiatan, Karang Taruna, Sumber Belajar IPS
dc.title Kegiatan Karang Taruna di Desa Anjir Serapat Muara 1 Sebagai Sumber Belajar IPS


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account