Repo Mhs ULM

MENINGKATKAN AKTIVITAS, KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PROGRES PADA MUATAN IPS KELAS VB SDN SEMANGAT DALAM 5 BARITO KUALA

Show simple item record

dc.contributor.author Fitri Ma'rifatun
dc.date.accessioned 2023-09-21T12:02:04Z
dc.date.available 2023-09-21T12:02:04Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/42828
dc.description.abstract Ma’rifatun, Fitri. 2023. Meningkatkan Aktivitas, Kreativitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model PROGRES pada Muatan IPS Kelas VB SDN Semangat Dalam 5 Barito Kuala. Skripsi PGSD, FKIP ULM Banjarmasin. Pembimbing Fathul Jannah, M. Pd. Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Kreativitas Belajar, Model PROGRES Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan kreativitas peserta didik dalam muatan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang menyebabkan belum maksimalnya hasil belajar. Hal ini disebabkan belum ada variasi model yang digunakan dalam aktivitas pembelajaran, peserta didik belum maksimal menggunakan kreativitasnya dalam menggali informasi hingga pembelajaran masih berpusat pada pendidik (Teacher Center). Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model PROGRES yang merupakan kombinasi dari model PBL, GI dan Snowball Throwing Dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas pendidik, menganalisis peningkatan aktivitas dan kreativitas peserta didik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 3 kali pertemuan. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VB SDN Semangat Dalam 5 Barito Kuala, dengan jumlah 20 orang terdiri dari 9 pesrta didik prempuan dan 11 peserta didik laki-laki yang nantinya akan dibagi kedalam 4 kelompok. Penelitian dilakukan pada semester II tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas pendidik, aktivitas peserta didik dan kreativitas peserta didik, kemudian menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar peserta didik yang diperoleh melalui tes tertulis secara berkelompok dan individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan presentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas pendidik pada pertemuan I memperoleh skor 22 dengan kriteria “baik”, meningkat disetiap pertemuan hingga pada pertemuan terakhir mencapai skor 27 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas peserta didik pada pertemuan I mencapai 25?ngan kriteria “Kurang Aktif” meningkat disetiap pertemuan hingga pada pertemuan terakhir mencapai 85?ngan kriteria “Sangat Aktif”. Kreativitas peserta didik pada pertemuan I mencapai 30?ngan kriteria “Kurang Kreatif” meningkat disetiap pertemuan hingga pada pertemuan terakhir mencapai 85?ngan kriteria “Sangat Kreatif”. Hasil belajar peserta didik klasikal pertemuan I mencapai ketuntasan 30?n meningkat disetiap pertemuan hingga pada pertemuan terakhir mencapai 100%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PROGRES dapat meningkatkan aktivitas dan kreativitas peserta didik. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru dan peneliti lain adalah agar penelitian ini dapat dijadikan referensi dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas, kreativitas dan hasil belajar peserta didik.
dc.title MENINGKATKAN AKTIVITAS, KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PROGRES PADA MUATAN IPS KELAS VB SDN SEMANGAT DALAM 5 BARITO KUALA


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account