Repo Mhs ULM

MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING, TEAM GAMES TOURNAMENT DAN MEDIA BENDA KONKRET PEMBELAJARAN DAUR HIDUP HEWAN KELAS 4 SDN KELAYAN DALAM 7 BANJARMASIN

Show simple item record

dc.contributor.author Harmina
dc.date.accessioned 2023-09-21T12:02:46Z
dc.date.available 2023-09-21T12:02:46Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/42832
dc.description.abstract Harmina. 2023. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Problem Based Learning, Team Games Tournament dan Media Benda Konkret Pembelajaran Daur Hidup Hewan Kelas 4 SDN Kelayan Dalam 7 Banjarmasin. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing Drs.Mamuddin, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Problem Based Learning, Team Games Tournament, Media Benda Konkret. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), hal tersebut dikarenakan pembelajaran belum mengembangkan keterampilan pemecahan masalah dan sikap ilmiah sehingga siswa kurang berpotensi untuk mencapai hasil belajar yang comprehensive. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning, Team Games Tournament dan Media Benda Konkret materi daur hidup hewan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, meningkatkan aktivitas siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan empat kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN Kelayan Dalam 7 Banjarmasin yang berjumblah 22 orang yang terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswa perempuan, pada semester II tahun ajaran 2022/2023. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh dari observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, kemudian menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan presentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 sampai 4 memperoleh persentase dari 73?ngan kriteria “Baik” menjadi 98?ngan kriteria “sangat baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dengan dengan persentase 32?ri kriteria “kurang aktif” menjadi 91?ngan kriteria “Sangat Aktif”. Ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari persentase 41?ngan kriteria “tidak tuntas” menjadi 100?ngan kriteria “tuntas”. Sehingga hal ini berdampak pada hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik siswa pada pertemuan 1 sampai 4 terjadi peningkatan secara klasikal. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning, Team Games Tournament dan Media benda konkret dapat meningkatkan kualitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas 4 SDN Kelayan Dalam 7. Disarankan pengggunaan model tersebut sebagai alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
dc.title MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING, TEAM GAMES TOURNAMENT DAN MEDIA BENDA KONKRET PEMBELAJARAN DAUR HIDUP HEWAN KELAS 4 SDN KELAYAN DALAM 7 BANJARMASIN


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account