dc.description.abstract |
Era teknologi 4.0 sangat lekat dengan perkembangan teknologi industri yang
mengintegrasikan teknologi digital. TIK erat kaitannya dengan media sosial, karena media sosial
adalah salah satu bentuk aplikasi dari TIK yang sangat popular di era digital saat ini, dan salah
satu media sosial yang sedang digemari adalah media sosial TikTok. Penelitian ini bertujuan untuk
mengeksplorasi dan menganalisis dampak media sosial TikTok terhadap pendidikan karakter
siswa SD di era teknologi 4.0 menggunakan metode studi literatur. Melalui tinjauan literatur yang
mendalam, penelitian ini menganalisis konten TikTok yang relevan dengan pendidikan karakter
serta mengidentifikasi dampaknya terhadap siswa SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
TikTok dapat menjadi alat yang efektif untuk memperkuat pendidikan karakter siswa SD, tetapi
penggunaannya perlu diarahkan dengan strategi yang tepat. Pemilihan konten yang relevan
dengan nilai-nilai karakter, interaksi dan kolaborasi antara siswa dan pendidik, serta pemberian
arahan dan bimbingan dalam menggunakan TikTok secara etis dan bertanggung jawab adalah
beberapa strategi penting yang perlu diperhatikan. Selain itu, penting juga untuk tidak
mengabaikan peran pendidik dan orang tua dalam pembentukan karakter siswa, serta mengawasi
secara menyeluruh penggunaan TikTok guna memastikan penggunaan yang sehat dan positif
dalam mendukung pembentukan karakter siswa SD di era teknologi 4.0. |
|