Abstract:
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan minat belajar dan hambatan yang dirasakan oleh peserta didik saat mengikuti pembelajaran sastra melalui penggunaan metode learning community. Pendekatan yang diterapkan pada penelitian ini ialah kuantitatif. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian yang berjenis non-eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode learning community terhadap pembelajaran sastra mampu membangkitkan minat belajar peserta didik. Hal tersebut terbukti melalui jawaban yang terdapat pada angket, baik angket pertanyaan positif maupun negatif. Persentase jawaban pada angket pertanyaan positif ialah 43,50% (setuju bahwa pembelajaran sastra menggunakan metode learning community menyenangkan dan memudahkan saat belajar) dan persentase jawaban pada angket pertanyaan negatif ialah 42,83% (tidak setuju bahwa pembelajaran sastra menggunakan metode learning community menimbulkan rasa bosan dan menyulitkan saat belajar). Adapun hambatan yang dirasakan oleh peserta didik ialah rendahnya rasa percaya diri peserta didik, kurangnya kerja sama bagi setiap peserta didik dalam kelompok, dan kesukaran beradaptasi dalam kelompok bagi peserta didik yang introvert.
Kata kunci: minat, learning community, dan pembelajaran sastra