dc.description.abstract |
ABSTRAK
Muhammad Riyaldi Mukti. 2022. Peran Kewirausahaan dalam Pembangunan Ekonomi Indonesia pada Pembelajaran IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Dr. Ismi Rajiani, MM. dan Pembimbing II: Muhammad Adhitya Hidayat Putra, M. Pd
Kewirausahaan memiliki peranan penting dalam membangun ekonomi Indonesia. Munculnya wirausahawan dengan berbagai keterampilan ekonomi kreatif dan inovasi dalam menjalankan usaha mendongkrak perekonomian ke ranah global hingga ekonomi negara meningkat. Oleh sebab itu, materi kewirausahaan dimuat pada mata pelajaran IPS kelas VII pada semester II materi dimuat pada buku teks IPS SMP kelas VII. Tujuan penelitian: 1) Mengetahui deskripsi materi peran kewirausahaan dalam membangun ekonomi Indonesia 2) Mengetahui analisis kesesuaian materi peran kewirausahaan dalam membangun ekonomi Indonesia dan kompetensi dasar.
Metode penelitian yang digunakan dengan desain penelitian studi literatur tentang Peran Kewirausahaan dalam Pembangunan Ekonomi Indonesia pada Pembelajaran IPS dengan mengumpulkan buku/ebook, jurnal dan pustaka lainnya yang relevan. Strategi pencarian literatur digunakan untuk penelusuran artikel dengan jumlah 48 sumber. Mekanisme penelusuran data digunakan untuk mencari kata kunci dari enam rumusan masalah. Metode naratif digunakan untuk mensintesis data dari studi literatur.
Hasil penelitian: Materi peran kewirausahaan dalam membangun ekonomi Indonesia pada buku pegangan siswa kelas VII semester 2 terbagi menjadi 2 bagian materi dalam proses pembelajaran, materi ajar pada buku peserta didik tersebut. Kedua bagian materi peran kewirausahaan ini sudah memenuhi dengan Kompetensi dasar 3.3 karena setiap materi berisikan pemahaman konsep kegiatan ekonomi sesuai dengan capaian Kompetensi dasar 3.3 dan kedua bagian materi juga sudah memenuhi Kompetensi dasar 4.3 karena mampu memberikan analisis konsep kegiatan ekonomi dengan melalui diskusi kelompok sesuai dengan harapan Kompetensi dasar 4.3 tentang keterampilan peserta didik yang diharapkan peserta didik mampu menjelaskan peran kewirausahaan dalam pembangunan ekonomi Indonesia pada kedua bagian materi tersebut. Sebagai tambahan materi kewirausahaan dapat melalui penambahan materi kearifan lokal juga penting untuk mempermudah peserta didik dalam proses pembelajaran secara langsung. Sehingga, dapat memberikan pengalaman berwirausahan yang membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir inovatif dan kreatif untuk memecahkan berbagai persoalan yang dihadapinya
Kata kunci: Kewirausahaan, Kreativitas, Pembelajaran Ekonomi. |
|