Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran articulate storyline berbasis problem solving pada materi tekanan zat yang valid dan praktis sehingga layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Model yang digunakan dalam pengembangan ini adalah model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar validasi media, lembar validasi soal, angket keterbacaan dan angket respon siswa. Hasil validasi media dan soal dihitung menggunakan persamaan rumus Aiken’s V dan memperoleh nilai berturut-turut sebesar 0,85 dan 0,84 dengan kriteria validitas tinggi serta percentage of agreement dihitung menggunakan persamaan rumus menurut Borich dan memperoleh nilai berturut-turut sebesar 84,30?n 88,90?ngan kriteria konsisten dan sangat konsisten. Hasil kepraktisan media articulate storyline berbasis problem solving ditinjau dari angket keterbacaan dan angket respon siswa, memperoleh nilai berturut-turut sebesar 94,50?n 93,60?ngan kriteria sangat praktis. Kesimpulan dari penelitian ini didapatkan bahwa media articulate storyline berbasis problem solving layak digunakan dalam pembelajaran materi tekanan zat.
Kata kunci: Articulate storyline, problem solving, kemampuan pemecahan masalah