Abstract:
Kegiatan belajar dan mengajar di SMP Negeri 15 Banjarmasin masih konvensional, terutama pada pembelajaran IPA materi sistem gerak pada manusia. Minimnya pemanfaatan fasilitas teknologi yang padahal memadai, kurang dimanfaatkan oleh guru. Oleh sebab itu, peneliti mengembangkan media interaktif Articulate Storyline dengan tujuan mengetahui pengaruh sebelum dan sesudah penggunaan media interaktif Articulate Storyline. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Sampel dalam penelitian ini adalah 26 siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan media interaktif Articulate Storyline layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata validasi sebesar 0,815, dan nilai rata-rata kelompok kecil dan besar 91?n 89%. Hasil penggunaan media interaktif Articulate Storyline terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dilihat dari hasil uji N-gain yang memperoleh hasil 0,76. Kemudian dilakukan perhitungan terhadap nilai evaluasi, diperoleh 26 orang siswa yang hampir benar semua dalam menjawab soal dengan indikator C1, C2, C3, dan C4. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan media interaktif Articulate Storyline layak untuk dijadikan media pendukung kegiatan belajar mengajar.
Kata kunci : Media Interaktif, Articulate Storyline, Sistem Gerak Pada Manusia