Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji kevalidan produk aplikasi Prezi sebagai media pembelajaran berbasis pendekatan saintifik pada materi Sistem Sonar dan Pemanfaatannya, (2) menguji kepraktisan terhadap penggunaan aplikasi Prezi sebagai media pembelajaran berbasis pendekatan saintifik pada materi Sistem Sonar dan Pemanfaatannya, dan (3) mengukur hasil persepsi peserta didik terhadap penggunaan aplikasi Prezi sebagai media pembelajaran berbasis pendekatan saintifik pada materi Sistem Sonar dan Pemanfaatannya. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Uji coba media dilakukan secara terbatas kepada 20 peserta didik kelas VIII-E di SMPN 9 Banjarmasin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) produk aplikasi Prezi dikategorikan sangat valid dengan nilai 0,84 , (2) kepraktisan aplikasi Prezi dikategorikan sangat praktis dengan persentase 92,86% , dan (3) perolehan hasil persepsi peserta didik dikategorikan positif, yaitu pada aspek perspektif kemudahan sebesar 40%, perspektif kemanfaatan sebesar 50%, sikap penggunaan sebesar 60?n intensi penggunaan sebesar 45%. Hasil penelitian ini memungkinkan untuk dilakukan pengembangan aplikasi Prezi dengan materi atau pendekatan sains lainnya, bahkan pengujian hipotesis terhadap pengaruh setiap aspek persepsi.
Kata Kunci: Prezi, pendekatan saintifik, sistem sonar, persepsi