Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas dan respon peserta didik terhadap multimedia pembelajaran interaktif Articulate Storyline. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D oleh Thiagajaran (1974) yang dimodifikasi menjadi 3D yaitu Define, Design, dan Develop. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi serta angket respon peserta didik. Teknik analisis data menggunakan uji validitas Aiken’s V dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan multimedia pembelajaran interaktif Articulate Storyline memperoleh skor validitas sebesar 0,94. Multimedia pembelajaran interaktif juga telah diuji cobakan kepada kelompok kecil yang terdiri dari dua belas orang peserta didik dan memperoleh persentase sebesar 94,56?n lebih dari 90% peserta didik memberikan respon positif terhadap media pembelajaran. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif Articulate Storyline pada materi sistem peredaran darah manusia dinyatakan sangat valid dan praktis digunakan sebagai media dalam pembelajaran IPA di sekolah.
Kata Kunci : Multimedia pembelajaran interaktif, articulate storyline, sistem peredaran darah manusia