Abstract:
M. Faisal Rahman (2021).PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING DAN
BRAND AWARENESS TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA
CERITA KOPI BANJARMASIN
Pembimbing : Siti Aliyati Al Bushairi
Kedai kopi yang ingin berhasil menembus persaingan disamping menu yang
ditawarkan mereka juga dituntut harus sekreatif mungkin untuk mengkonsep kedai
itu sendiri. Fitur-fitur yang diberikan oleh suatu produk/jasa tidak cukup untuk
membuat konsumen mengkonsumsi produk tersebut secara terus menerus atau
dapat dikatakan tidak terjadinya loyalitas konsumen tersebut. Penelitian ini
mempunyai tujuanuntuk menganalisis pengaruh sense, feel, think, act, relate dan
brand awareness terhadap loyalitas pelanggan di Cerita Kopi.
Sampel penelitian berjumlah 98 responden. Penyebaran kuesioner kepada
responden konsumen Cerita Kopi pada saat belum terjadinya Covid-19. Dalam
penelitian ini, peneliti menggunakan teknik analisis data kuantitatif dengan analisis
data yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS) yaitu teknik prediktif yang
merupakan alternative untuk regresi kuadrat terkecil biasa (Ordinary Least
Square/PLS).
Hasil Penelitian diperoleh sense tidak berpengaruh secara langsung
terhadap Loyalitas pelanggan Konsumen Cerita Kopi. Hal ini berarti Sense saat ini
belum maksimal belum dapat meningkatkan Loyalitas pelanggan kembali
Pelanggan Cerita Kopi. Feel berpengaruh secara langsung terhadap Loyalitas
pelanggan Konsumen Cerita Kopi. Hal ini berarti Feel yang dilakukan dengan
maksimal dapat meningkatkan Loyalitas pelanggan kembali Pelanggan Cerita
Kopi.Think berpengaruh secara langsung terhadap Loyalitas pelanggan Konsumen
Cerita Kopi. Hal ini berarti Think yang dilakukan dengan maksimal dapat
meningkatkan Loyalitas pelanggan Cerita Kopi. Act tidak berpengaruh secara
langsung terhadap Loyalitas pelanggan Konsumen Cerita Kopi. Hal ini berarti Act
saat ini belum maksimal, belum dapat meningkatkan Loyalitas pelanggan Cerita
Kopi. Relate berpengaruh secara langsung terhadap Loyalitas pelanggan Cerita
Kopi. Hal ini berarti Relate yang dilakukan dengan maksimal dapat meningkatkan
Loyalitas pelanggan Cerita Kopi. Brand awareness berpengaruh secara langsung
terhadap Loyalitas Konsumen Cerita Kopi. Hal ini berarti Brand Awareness yang
dilakukan dengan maksimal dapat meningkatkan Loyalitas pelanggan Cerita Kopi
Kata Kunci : Sense, Feel, Think, Act, Relate, Brand Awareness, Loyalitas
Pelanggan