Abstract:
ABSTRAK
Daris Akhmad Makmur, 1710414110005, Pengaruh Marketing Public Relations dan Brand Image Kala terhadap Loyalitas Pelanggan Banjarmasin. Dibimbing oleh Sarwani dan Muhammad Muthahhari Ramadhani.
Kala merupakan salah satu brand lokal di Kota Banjarmasin yang menjual minuman kopi kekinian sebagai produk unggulan, serta produk non-kopi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besaran pengaruh Marketing Public Relations (X1) dan Brand Image Kala (X2) terhadap Loyalitas Pelanggan Banjarmasin (Y).
Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan tipe eksplanatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Banjarmasin yang berjumlah 708.606 dengan sampel yang ditarik sebanyak 348 orang. Teknik pengumpulan sampel menggunakan probability sampling dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara, sedangkan analisis data melalui analisis regresi linear berganda. Penelitian ini menggunakan teori s-o-r sebagai grand theory, teori model elaborasi kemungkinan sebagai middle theory, serta teori citra sebagai applied theory.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis didapatkan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0> Ftabel (235.898 > 3,04) menunjukan bahwa hipotesis dalam penelitian ini, Ha diterima yaitu terdapat pengaruh signifikan antara Marketing Public Relations dan Brand Image Kala terhadap loyalitas pelanggan Banjarmasin, sehingga H0 di tolak. Marketing Public Relations dan Brand Image Kala memiliki pengaruh signifikan sebesar 0,578 atau 57,8% terhadap Loyalitas Pelanggan. Terdapat 42,2 variabel lainnya yang dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan, namun tidak dibahas dalam penelitian ini misalkan seperti variabel harga, variabel pelayanan dan variabel kepuasan pelanggan.
Kata Kunci : Kopi Kala, Marketing Public Relations, Brand Image, Loyalitas Pelanggan