Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial Instagram @SSC.Banjarmasin terhadap pemenuhan kebutuhan informasi followers pada pengikut instagram @SSC.Banjarmasin. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah uses and gratification theory.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel diambil sebanyak 344 orang, teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode probability sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara sedangkan analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan derajat kesalahan 5%. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji heteroskedastisitas, uji f, uji determinasi, dan uji regresi linear sederhana.
Hasil pengujian hipotesis didapatkan nilai p = 0,000 < 0,05, nilai regresi Y = 5.017 + 1.146 X, dan nilai R 2 = 0,652, sehingga hipotesis dalam penelitian ini bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara media sosial instagram @SSC.Banjarmasin terhadap pemenuhan kebutuhan informasi bagi followers dapat diterima. Media sosial instagram @SSC.Banjarmasin secara langsung memberikan kontribusi terhadap pemenuhan kebutuhan informasi bagi followers sebesar 65,2%. Hasil pengujian dengan nilai (Sig.) 0,000 < nilai probabilitas 0,05 menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara variabel dengan variabel lainnya dalam penelitian ini.
Kata kunci: Pemenuhan Kebutuhan Informasi, Media Sosial Instagram @SSC.Banjarmasin, Teori Uses and Gratification.