Abstract:
Jembatan dalam pagar yang terletak di desa dalam pagar yang memilki panjang 150 meter dengan lebar 4,5 meter. Tujuan perancangan jembatan ini Mengetahui perubahan struktur atas, struktur bawah, dan pondasi yang sesuai dengan beban LHR eksisting pada jalan lingkungan di desa dalam pagar
Metodelogi yang digunakan dalam perancangan struktur atas yang mengacu pada SNI 1725:2016. Dimana ternyata beban eksisting atau LHR tidak berpengaruh terhadap beban standar jembatan, SNI hanya memakai beban gandar dalam acuan panjang bentang dimana untuk <30 m beban merata tetap dipakai sesuai standar pembebanan jembatan. Dalam perhitungan mekanika struktur penulis menggunakan dua metode yaitu perhitungan dengan menggunakan sofware sap 2000 dan perhitungan manual, sedangkan perencanaan struktur bangunan bawah dalam perencanaan abutment menggunakan jenis beton bertulang dan jenis pondasi spun pile
Dari hasil perhitungan kembali didapatkan untuk penulangan slab yang awalnya D22-150 berubah menjadi D19-150.dan untuk penulangan abutment yang awalnya untuk backwall D25-150, breast D25-200, dan pile cap D25-150 berubah menjadi backwall D16-150, breast D19-200, dan pile cap D25-150. Berdasarkan hasil perancangan tulangan didesa dalam pagar bisa lebih diefisiensikan.
Kata kunci: Pile slab, Penulangan, Efesiensi