Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh pelayanan publik terhadap penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor pada Kantor Samsat Handil Bakti Unit Pelayanan Pendapatan Daerah (UPPD) Marabahan. 2) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh kompetensi sumber daya manusia terhadap penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor pada Kantor Samsat Handil Bakti Unit Pelayanan Pendapatan Daerah (UPPD) Marabahan. 3) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh komitmen organisasi terhadap penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor pada Kantor Samsat Handil Bakti Unit Pelayanan Pendapatan Daerah (UPPD) Marabahan. Pendekatan yang digunakan dalam peneltian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 94 orang wajib pajak jumlah tersebut didapatkan dari perhitungan Rumus Slovin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuisioner, observasi dan wawancara. Model analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan pada hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:1) Pelayanan publik terbukti berpengaruh tapi tidak signifikan terhadap efektivitas penerimaan pajak kendaraan bermotor di Kantor Samsat Handil Bakti Unit Pelayanan Pendapatan Daerah (UPPD) Marabahan. 2) Kompetensi sumber daya manusia terbukti berpengaruh terhadap efektivitas penerimaan pajak kendaraan bermotor di Kantor Samsat Handil Bakti Unit Pelayanan Pendapatan Daerah (UPPD) Marabahan 3) Komitmen organisasi terbukti berpengaruh tapi tidak signifikan terhadap efektivitas penerimaan pajak kendaraan bermotor di Kantor Samsat Handil Bakti Unit Pelayanan Pendapatan Daerah (UPPD) Marabahan.
Kata Kunci: Faktor-faktor, Efektifitas Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor