Abstract:
Nurhayati Tri Astuti, 1610414620019, 2021. Brand Image dalam Meningkatkan Daya Saing Antar Kedai Kopi di Banjarmasin (Studi Deskriptif Kualitatif pada Kopi Kala (Kala.idn) Banjarmasin). Dibimbing oleh Fahrianoor dan Sarwani.
Penelitian ini membahas tentang bagaimana strategi faktor pembentuk brand image yang dilakukan oleh Kopi Kala dalam meningkatkan daya saing antar kedai kopi di Banjarmasin. Maraknya kedai kopi yang beredar di Banjarmasin merupakan salah satu hal yang menjadi penyebab Kopi Kala membentuk brand image yang kuat dan positif agar memiliki daya saing ditengah persaingan yang ada. Brand image merupakan salah satu hal penting dari sebuah strategi pemasaran dan penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi brand image Kopi Kala dalam meningkatkan daya saing antar kedai kopi di Banjarmasin.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data menggunakan triangulasi sumber dan metode.
Hasil dari penilitian ini menunjukkan: Pertama, Kopi Kala telah mampu dan berhasil dalam membentuk brand image sehingga dapat meningkatkan daya saingnya ditengah maraknya kedai kopi yang ada di Banjarmasin. Kedua, Citra yang didapatkan dari brand image yang dibentuk Kopi Kala adalah citra yang positif.
Kata Kunci: Brand Image, Daya Saing, Kedai Kopi