Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan (1) Pengaruh pola asuh terhadap kemampuan bahasa. (2) Pengaruh status sosial ekonomi keluarga terhadap kemampuan bahasa (3) Pengaruh pola asuh secara langsung terhadap perkembangan sosial anak (4) Pengaruh sosial ekonomi keluarga secara langsung terhadap perkembangan sosial anak (5) Pengaruh kemampuan bahasa secara langsung terhadap perkembangan sosial anak. (6) Pengaruh pola asuh melalui kemampuan bahasa secara tidak langsung terhadap perkembangan sosial anak. (7) Pengaruh sosial ekonomi keluarga melalui kemampuan bahasa secara tidak langsung terhadap perkembangan sosial anak di PAUD Gugus Melon Banjarmasin Utara.
Populasi dalam penelitian ini adalah orangtua dan anak di PAUD Gugus Melon Banjarmasin sebanyak 227 orangtua dan anak, dengan menggunakan teknik penarikan simple random sampling menggunakan rumus Slovin diperoleh sampel sebanyak 155 orang orangtua dan anak. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan observasi. Pengolahan data dilakukan melalui bantuan komputer program IBM SPSS versi 22.0. Pengujian validitas menggunakan uji validitas isi, sedangkan teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis menggunakan analisis jalur.
Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa : (1) Ada pengaruh langsung pola asuh terhadap kemampuan bahasa di PAUD Gugus Melon Banjarmasin Utara. Artinya makin baik pola asuh diikuti makin baik kemampuan bahasa anak di PAUD Gugus Melon Banjarmasin Utara. (2) Ada pengaruh langsung status sosial ekonomi keluarga terhadap kemampuan bahasa di PAUD Gugus Melon Banjarmasin Utara. Artinya makin tinggi status sosial ekonomi keluarga diikuti makin baik kemampuan bahasa di PAUD Gugus Melon Banjarmasin Utara. (3) Ada pengaruh langsung pola asuh terhadap perkembangan sosial anak di PAUD Gugus Melon Banjarmasin Utara. Artinya makin tepat pola asuh diikuti makin baik perkembangan sosial anak di PAUD Gugus Melon Banjarmasin Utara. (4) Ada pengaruh langsung status sosial ekonomi keluarga terhadap perkembangan sosial anak di PAUD Gugus Melon Banjarmasin Utara. Artinya semakin tinggi status sosial ekonomi keluarga diikuti makin baik perkembangan sosial anak di PAUD Gugus Melon Banjarmasin Utara. (5) Ada pengaruh langsung kemampuan bahasa terhadap perkembangan sosial anak di PAUD Gugus Melon Banjarmasin Utara. Artinya semakin tinggi kemampuan bahasa diikuti semakin baik perkembangan sosial anak di PAUD Gugus Melon Banjarmasin Utara.
Saran penelitian ini dapat dijadikan alternatif masukkan dan referensi dalam meneliti lebih jauh dalam mengembangkan variabel independen pola asuh, status sosial ekonomi keluarga, kemampuan bahasa agar dapat meningkatkan perkembangan sosial anak TK dan dilakukan pada setting penelitian yang berbeda.