Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya kebutuhan media pembelajaran
yang interaktif dalam mata pelajaran IPA terutama pada pokok bahasan gerak
benda. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil validitas dan
kepraktisan multimedia interaktif menggunakan Articulate Storyline pada pokok
bahasan gerak benda. Penelitian ini menggunakan metode Research and
Development (R&D) dengan model pengembangan 3D (Define, Design,
Development). Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu menggunakan
instrumen validasi dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data pada
penelitian ini menggunakan uji validitas Aiken’s V dan persentase sesuai kategori.
Hasil penelitian menunjukkan multimedia interaktif menggunakan Articulate
Storyline memperoleh skor validasi sebesar 0,85. Hasil uji coba peserta didik
dengan kelompok kecil sebanyak 14 orang dalam penelitian ini memperoleh nilai
sebesar 92,27%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa multimedia
interaktif menggunakan Articulate Storyline pada pokok bahasan gerak benda
sangat valid dan sangat praktis dan layak untuk digunakan dalam proses
pembelajaran IPA di sekolah sehingga mampu menciptakan suasana belajar yang
aktif, menarik, serta modern.
Kata Kunci : Multimedia interaktif, articulate storyline, gerak benda