Abstract:
Pelayanan ANC yang berkualitas memiliki peran penting bagi kesehatan ibu hamil dan kandungannya. Berkualitasnya pelayanan ANC dan kepuasan ibu hamil diukur melalui 5 dimensi kualitas pelayanan. Tingginya Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) serta belum tercapainya pelayanan K4 sesuai target Rencana Strategis (Renstra) di seluruh provinsi menjadi permasalahan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berbagai artikel tentang kualitas pelayanan ANC terhadap kepuasan ibu hamil. Jenis penelitian ini yaitu literature review dengan metode scoping review terhadap 10 jurnal. Hasil penelitian menunjukkan persentase jurnal untuk dimensi tangibles (bukti fisik) 100%, reliability (keandalan) 70%, responsiveness (ketanggapan) 90%, assurance (jaminan) 100%, dan empathy (perhatian) 100%. Berdasarkan hasil analisis, peneliti berpendapat bahwa kelima dimensi kualitas pelayanan ANC memiliki hubungan dengan kepuasan ibu hamil. Puskesmas dan Dinas Kesehatan diharapkan terus bekerjasama dan berupaya meningkatkan serta mempertahankan setiap dimensi dalam mutu pelayanan ANC baik dari sarana, prasarana dan SDM Kesehatan. Peneliti selanjutnya dapat menjadikan literature review ini sebagai referensi untuk penelitian dan menambahkan variabel lain yang belum diteliti.
Kata kunci: Antenatal care, kualitas pelayanan, dimensi mutu, dan kepuasan ibu hamil