Abstract:
Saat ini pertumbuhan penduduk semakin pesat dan berbanding lurus dengan pertumbuhan Tingkat kebutuhan masyarakat terhadap jalan tinggi mengakibatkan kemacetan terhadap lalu lintas. Fasilitas umum yang disediakan pemerintah dalam pengelolaan Tata Kota juga berpengaruh terhadap Kemacetan Lalu lintas akibat tidak memperhitungkan Lahan parkir yang cukup untuk pengunjung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui volume dan kecepatan pengguna jalan dan Mengetahui Kinerja Lalu Lintas di ruas Jl.Raya Batulicin, Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Analisis Model Greenshield, Model Greenberg dan Model Underwood untuk mengetahui Kapasitas pada ruas jalan ditunjang dengan Data Volume Lalu Lintas harian dan Kecepatan Kendaraan Ringan untuk mendapatkan kepadatan pada ruas jalan. Hasil survey volume kendaraan ringan pada ruas jalan Jl.Raya Batulicin yaitu pada hari sabtu yaitu 1162 smp/jam, Kecepatan maksimum kendaraan ringan yaitu 79 km/jam, Kinerja jalan pada ruas jalan Raya Batulicin didapat dari Analisis Permodelan Greenshield, Greenberg dan Underwood dengan Analisis MKJI 1997, Analisis Permodelan Greenshield, Greenberg dan Underwood didapat nilai ITP dengan perbandingan V/C didapat nilai maksimum yaitu DS 0,21 dengan nilai ITP B, nilai ITP dengan perbandingan F minimum didapat nilai maksimum yaitu 28,94 km/jam pada hari minggu sehingga nilai ITP nya yaitu D dengan pengertian Jalan mendekati Arus tidak stabil. Adapun Analisis MKJI 1997 yaitu Kapasitasnya 1405 smp/jam sehingga nilai DS maksimum yaitu DS 0,83 pada hari sabtu dengan Volume kendaraan yaitu 1162 smp/jam dengan ITP C artinya arus stabil.
Kata Kunci: Volume Lalu Lintas, Analisis Kecepatan, Model Greenberg, ITP, Jl.Raya Batulicin