Abstract:
Pendidikan kesehatan mencuci tangan merupakan upaya promotif dan preventif untuk mengurangi mikroorganisme di tangan. Tujuan penelitian menganalisis pengaruhnya pada pengetahuan siswa/siswi di SDN Lumpangi. Desain penelitian ini pre-eksperimen dengan one group pretest posttest desaign dengan jumlah sampel 25 orang dan menggunakan metode total sampling. Instrumen berupa kuesioner pengetahuan tentang mencuci tangan. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon. Pada 15 orang sebelum diberi pendidikan kesehatan masih berkategori kurang yakni 60%, sesudah diberi pendidikan kesehatan berkategori baik pada 24 orang (96%). Nilai p (p= 0,000<0,05) berarti terdapat pengaruh pendidikan kesehatan mencuci tangan terhadap pengetahuan siswa/siswi SDN Lumpangi. Pendidikan kesehatan efektif dalam penyebaran informasi dan populasi yang sangat peka dalam penerimaan perubahan disebabkan berada pada taraf tumbuh-kembang.
Kata kunci: Pendidikan kesehatan, pengetahuan, cuci tangan.