Abstract:
Abstrak
Dalam kegiatan bermain game para penggunanya tidak hanya bermain melainkan juga melakukan kegiatan transaksi pembelian virtual item game online yang berupa mata uang, pakaian, senjata dan lain-lain untuk menunjang aktivitas bermain. Namun kerap kali mereka membeli tidak dengan perencanaan dan pertimbangan terlebih dahulu sehingga dapat mengakibatkan tidak terkontrolnya keuangan. Maka peneliti bertujuan untuk mengetahui apakah ada peranan hedonic shopping value terhadap impulse buying dalam membeli virtual item game online pada komunitas game online di Banjarbaru. Diharapkan pada anggota komunitas dapat menggunakan uangnya sebijak mungkin agar tidak terjadi keborosan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel berjumlah 60 orang anggota komunitas dan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Metode pengumpulan data menggunakan skala hedonic shopping value yang diadaptasi dari Yu dan Bastin (2010) dan skala impulse buying yang diadaptasi dari Rook dan Fisher (1995). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hedonic shopping value memiliki peranan yang signifikan terhadap impulse buying. Adapun hasil kontribusi hedonic shopping value terhadap impulse buying sebesar 40,2% sedangkan 59,79% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian.
Kata kunci: Hedonic shopping value, impulse buying, komunitas game online