Abstract:
Risky Tri Novalia, 1710413120015,2021, Pengaruh Kepemimpinan Camat Dan Kinerja Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Pelayanan Di Kantor Kecamatan Banjarmasin Utara, Dibawah Dr. Mahyuni, M.AP selaku pembimbing, Farah Qubayla S.IP, M.P.S selaku penguji I dan Drs. Abdurrahman, M.Si selaku penguji II.
Skripsi ini merupakan hasil penelitian yang menggambarkan tentang seberapa besar pengaruh kepemimpinan camat dan kinerja pegawai terhadap kepuasan masyarakat di Kantor Kecamatan Banjarmasin Utara. Disamping itu, skripsi ini juga bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan.
Adapun yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu karena pada saat ini negara tengah menghadapi pandemik Covid-19 yang menyebabkan penyelenggaraan pemerintahan juga ikut terpengaruh. Salah satunya yaitu penyelenggaraan pelayanan di Kantor Kecamatan Banjarmasin Utara. Dalam hal ini, pengaruh kepemimpinan camat dan kinerja pegawai memiliki peranan besar terhadap kepuasan masyarakat dalam pelayanannya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif eksplanatif. Untuk pengumpulan data dilakukan oservasi dan penyebaran kuesioner. Untuk mendapatkan hasil penelitian, maka digunakanlah metode analisis berupa analisis parsial, analisis regresi linear sederhana, dan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian tiap variabel menunjukan bahwa kepemimpinan camat, kinerja pegawai, dan kepuasaan masyarakat tergolong dalam kategori baik dilihat dari pernyataan yang disetujui oleh responden yang menunjukan bahwa kepemimpinan memiliki 39,9% pengaruh terhadap kepuasan, kemudian kinerja pegawai dengan 52% pengaruh terhadap kepuasan, dan apabila digabungkan kepemimpinan dan kinerja pegawai terdapat 60,4% pengaruh terhadap kepuasan masyarakat terhadap pelayanan.
Berdasarkan hasil penelitian variabel dan hasil analisis penelitian dapat di simpulkan bahwa dalam Kantor Kecamatan Banjarmasin Utara masih harus mengembangkan kapasitas kemampuan camat serta pegawainya dalam memaksimalkan pelayanan dalam kondisi normal maupun dalam kondisi tertentu.
Kata kunci : Pelayanan, Kepemimpinan, Kinerja Pegawai, Kepuasan