Abstract:
Pandemi COVID-19 yang terjadi pada saat ini membuat siswa harus beradaptasi dengan semua perubahan baru yang pada akhirnya membuat siswa merasa stres. Agar dapat menghadapi situasi tersebut, siswa membutuhkan regulasi emosi agar dapat mengatur serta mengubah reaksi emosi tingkah laku dan mengekspresikannya sesuai dengan situasi yang sedang terjadi. Siswa juga perlu mengembangkan self-concept clarity agar siswa memiliki pandangan yang jelas mengenai dirinya, serta memandang setiap situasi dengan lebih positif. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif cross-sectional yang bertujuan untuk melihat hubungan antara self-concept clarity dengan regulasi emosi pada siswa SMA Negeri 1 Bati-Bati saat proses pembelajaran daring selama masa pandemi COVID-19. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Bati-Bati yang ditentukan secara purposive sampling sebanyak 87 orang. Metode pengambilan data dilakukan menggunakan skala self-concept clarity scale dan emotion regulation questionnaire melalui media online yaitu google form. Analisis menggunakan uji korelasi product moment pearson dengan hasil yang menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara self-concept clarity dengan regulasi emosi pada siswa SMA Negeri 1 Bati-Bati (r=0,361; p=0,001), yang dapat ditarik kesimpulan bahwa semakin meningkatnya self-concept clarity maka dapat meningkatkan regulasi emosi yang dimiliki siswa terutama dalam menghadapi situasi di masa Pandemi COVID-19 ini.